Desain Arsitektur Bangunan

Desain Arsitektur Bangunan

Membuat sebuah desain arsitektur bangunan diperlukan perencanaan yang matang, konsep dan keinginan  dari sang owner, untuk itulah sang arsitek bekerja. Arsitek menerjemahkan keinginan dari sang pemilik ke dalam gambar kerja yang nanti akan dilaksanakan para pekerja bangunan. Arsitektur bangunan sebenarnya adalah sebuah proses membuat bangunan, mulai proses perencanaan, pelaksanaan, dan perawatan bangunan.

Arsitektur bangunan adalah seni dan teknologi dalam merancang dan membangun sebuah bangunan. Dalam cakupan yang luas Arsitektur bukan hanya mencakup pada bangunan saja, akan tetapi perencanaan dan pembangunan sebuah kawasan dan isinya, Perencanaan perkotaan, dan perencanaan lansekap. Arsitektur bangunan yang baik harus memiliki keindahan, kekuatan, dan fungsi atau kegunaan.

Di dalam perencanaan bangunan, arsitek yang berperan penting dalam desain gambar dan blue print dari bangunan yang akan di bangun, arsitek harus bekerja keras dan brain storming agar fungsi dan keinginan dari owner dapat di capai. Setelah proses perencanaan selesai tahap berikutnya adalah proses pelaksanaan, didalam tahap pelaksanaan ini arsitek harus bekerja sama dengan kontraktor dan pekerja bangunan, bagaimana cara dia menerjemahkan gambar kedalam bangunan nyata, dari segi konstruksi desain bangunan, material dan bahan yang digunakan dll. Disini arsitek harus benar-benar intens dalam bekerja sama dengan kontraktor agar sesuai dengan arsitektur bangunan yang diinginkan. Setelah proses pelaksanaan dan bangunan telah dipakai tahap selanjutnya dari proses Arsitektur bangunan adalah perawatan, di dalam proses perawatan bangunan ini arsitek tidak begitu berperan penting, hanya saja didalam proses ini arsitek harus mengevaluasi bangunan pasca di gunakan untuk pertimbangan dan kemajuan yang lebih baik pada proyek berikutnya.

Arsitektur bangunan juga merupakan interaksi antara bangunan yang akan dibangun dengan lingkungan tempat bangunan akan didirikan. Perencanaan bangunan yang baik harus memperhatikan kondisi lingkungan sekitar bangunan,bagaimana agar lingkungan tersebut tidak tercemar oleh polusi atau bahkan kualitas lingkungan yang menurun setelah bangunan didirikan. Sekarang ini isu green architecture, green home, sustainable building banyak terdengar dimasyarakat, hal ini sebagai antisipasi dari merebaknya isu global warming yang memang sudah dirasakan dampaknya pada saat ini.

Arsitek perlu berhubungan dan berkomunikasi yang baik dengan pemilik bangunan/ investor, dengan kontraktor, dengan pekerja bangunan dan juga dengan tetangga dimana bangunan didirikan, agar jika ada masalah kecil maupun besar mudah untuk diselesaikan.

Jadi Arsitektur bangunan adalah sebuah proses didalam membuat bangunan dari proses sampai evaluasi bangunan dan juga aspek-aspek yang ada didalamnya. Jadi arsitektur bangunan adalah suatu hal yang benar-benar komplek dan melibatkan banyak disiplin ilmu didalamnya.

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Powered by